manfaat atau khasiat jamu godok(rebus)



khasiat jamu godog (rebus)
Indonesia yang terletak di garis tropis membuatnya kaya akan berbagai jenis tanaman. Dan diantara tanaman tersebut, banyak yang mempunyai khasiat untuk tubuh kita. Tak heran ini membuat Indonesia kaya akan pengobatan tradisional dengan bahan alami, salah satunya dengan ramuan jamu. Jamu sendiri ada yang penggunaannya dengan cara diminum maupun dioles pada bagian tubuh. Ramuan jamu ini telah hidup ratusan tahun dalam kehidupan masyarakat, terutama masyarakat Jawa, dan turun temurun hingga masih dipergunakan samapai sekarang. Jamu tradisional dengan berbagai ramuan ini digunakan untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan.

Ilmu kedokteran awalnya meragukan khasiat dari jamu tradisional karena beberapa bahan dianggap bisa menyebabkan gangguan pada lambung. Namun dengan penelitian, dinyatakan jamu tidak menyebabkan gangguan asalkan diminum dengan takaran dan komposisi yang tepat. Masyarakat juga masih banyak yang kurang pengetahuan akan jamu dan menyangsikan khasiat dari jamu. Ini membuat mereka lebih memilih obat dalam penyembuhan. Memang beberapa orang tidak dianjurkan untuk minum jamu seperti penderita tekanan darah tinggi, namum pada umumnya jamu aman untuk dikonsumsi.

Menurut Nugroho, salah satu pengelola usaha jamu dan tanaman obat di Sidorejo, Hargobinangun, jamu dibagi 2 yaitu jamu penyembuhan dan jamu pencegahan. Jamu penyembuhan misalnya untuk menyembuhkan batu ginjal, asam urat dan diabetes. Sedangkan jamu pencegahan lebih seperti minuman kesehatan yang mencegah badan dari terserangnya penyakit, juga menyehatkan badan. Jamu pencegahan ini misalnya jamu beras kencur, kunir asam, jahe merah, dan temulawak.

Untuk jamu penyembuhan sebaiknya terdiri dari 3 bagian, yaitu bahan utama, pendamping dan pelengkap. Bahan utama merupakan bahan yang digunakan untuk mengobati penyakit utama juga, misalnya untuk batu ginjal, digunakan tanaman gempur batu, tempuyung atau kembang bukang, yang berfungsi untuk menghancurkan batu. Bahan pendamping berfungsi untuk mengobati komplikasi penyakit, misalnya radang di ginjal dan susah buang air kecil, diobati dengan kunyit atau binahong. Sedangkan bahan plengkap digunkan untuk mencegah gejala-gejala penyakit, misalnya kencur serta jahe merah yang berguna untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi rasa nyeri.

Untuk ramuan jamu terbaik, unsur ketiga bahan tersebut direbus dengan temperatur maksimal 60°C hingga air berkurang sekitar setengahnya. Untuk beberapa bahan mempunyai batas maksimal panas untuk merebusnya, supaya kandungan dalam bahan tersebut tidak hilang. Sedangkan batas toleransi berat adalah 70gr-100gr bahan tiap kali minum. Jika kebanyakan, dikhawatirkan akan adanya gangguan pada lambung dan ginjal.

Sedangkan untuk jamu pencegahan, cukup minum jamu beras kencur, kunir asam, atau pun jahe merah. Yang perlu diperhatikan adalah jika jamu tersebut ada endapannya, dianjurkan endapan tersebut tidak dikocok dan tidak diminum. Kerena itu merupakan penumpukkan kalsium yang malah menambah kerja ginjal dan tidak baik untuk lambung dan usus.

Jamu-jamu tersebut bisa kita buatnya sendiri di rumah. Asalkan semua bahan ada, takaran benar, dan pembuatan benar, jamu-jamu tersebut bisa dibuat sendiri. Sedangkan untuk tanaman obat, kita juga bisa menanamnya di rumah. Tidak dibutuhkan pekarangan yang luas ataupun perawatan yang rumit. Tanaman-tanaman yang bisa kita tanam sendiri misalnya jenis empon-empon (temulawak, jahe, kunir) dan kumis kucing. Selain itu beberapa tanaman obat juga punya bentuk indah yang juga dijadikan tanaman hias misalnya sansivera, lavender, dan tanaman iler.

Dengan bahan alami tanpa campuran bahan kimia, tentu saja badan akan mendapatkan khasiat yang maksimal. Apalagi ternyata jamu tidak menimbulkan efek-efek buruk asalkan diminum secara tepat. Di samping itu ternyata juga mudah untuk mendapatkannya. Karenanya, tak ada salahnya untuk kembali ke alam dan membuat badan sehat dengan cara yang alami.


nah........ dah tau kan jamu godok (rebus) bermaksud meyakinkan bahwa ada pengobatan yang alternatif..tidak Harus obat medis....

No Response to "manfaat atau khasiat jamu godok(rebus)"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes